Padi Kaya Protein Super Pulen – Padi Millenial Hasil Rakitan Para Peneliti Tanaman Pangan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto

Produk Pertanian

Padi Kaya Protein Super Pulen Adalah Varietas Baru Padi Millenial Hasil Rakitan Para Peneliti Tanaman Pangan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto. Padi Ini Mempunyai Kandungan Karbohidrat Rendah sehingga Aman untuk Konsumsi Diet Karbohidrat dan Rasanya sangat Pulen dan Sesuai dengan Selera Masyarakat Indonesia

Ringkasan Padi Kaya Protein Super Pulen

Padi kaya protein super pulen hasil biofortifikasi ini memiliki kandungan protein tinggi (9 – 13%), jauh diatas kandungan protein rata-rata beras biasa (16 – 8 %). Padi kaya protein super pulen mempunyai kadar karbohidrat yang lebih rendah dibanding kadar karbohidrat beras umumnya. Padi protein tinggi super pulen ini sangat sesuai untuk konsumen yang diet karbohidrat. Padi tinggi protein ini mempunyai tekstur nasi yang sangat pulen dengan rasa yang sangat enak karena kandungan amilosanya sangat rendah (13,56%). Tekstur dan kepulenan nasi yang dihasilkan sangat sesuai untuk hidangan ala Jepang. Berasnya kesil, membulat dengan warna beras sangat unik yaitu putih susu. Kualitas berasnya setara dengan beras Jepang atau beras jenis Japonica.

Deskripsi Padi Tinggi Protein Super Pulen

Padi umumnya dikenal sebagai sumber karbohidrat. Dewasa ini kelebihan karbohidrat ditengarai menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit degeneratif, sehingga banyak yang rela mengurangi konsumsi bahan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Padi kaya protein super pulen ini menjadi solusi bagi konsumen yang menjalani diet karbohidrat. Padi istimewa ini memiliki kandungan protein yang tinggi (9 – 12%), sehingga proporsi karbohidratnya lebih rendah dibanding padi pada umumnya yang mengandung protein sekitar 7%. Jadi, dengan berat nasi yang sama, penikmat nasi ini mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat, sekaligus mendapatkan protein lebih banyak. Karakter beras padi  ini pun sangat unik dan khas, yaitu bentuk berasnya yang kecil dan cenderung bulat, warnanya  putih hingga putih susu. Keunikan lain padi ini adalah kandungan amilosanya yang sangat rendah (13,56%), menyebabkan nasinya bertekstur sangat pulen dan rasanya enak. Nasinya mengkilat, tekstur dan kepulenan nasinya sangat sesuai untuk hidangan a la Jepang. Padi ini juga sedang dikaji lebih lanjut prospeknya sebagai beras dengan indeks glikemik rendah yang sesuai bagi penderita diabetes. Protein merupakan faktor yang mempengaruhi indeks glikemik, yaitu dapat menurunkan perubahan  kadar   glukosa  darah. Beras dengan kandungan protein tinggi akan menghasilkan aktivitas hipoglikemik yang   lebih   tinggi. Kadar protein beras suatu varietas memberi kontribusi terhadap rendahnya perubahan kadar glukosa darah. Padi kaya protein hasil penelitian para pemulia tanaman di Universitas Jenderal Soedirman ini sangat aman ditinjau dari metode perakitannya, karena tidak melibatkan penambahan bahan kimia maupun penyisipan gen asing.  Padi ini dirakit secara alami dengan metode hibridisasi, yaitu melalui persilangan antara Milky Rice (sebagai donor protein tinggi) dengan galur-galur padi yang memiliki kualitas fisik dan mutu tanak istimewa. Penambahan kandungan protein pada padi-padi dengan kualitas tanak spesial melalui perbaikan struktur genetik ini disebut biofortifikasi. Saat ini telah tersedia galur-galur harapan padi protein tinggi dengan daya hasil dan kualitas hasil yang tinggi, dalam tahap akhir persiapan pelepasan varietas, yaitu galur P-CH//MR-GN95, UNSOED PK 7 dan UNSOED PK 15 yang telah mendapatkan HaKI berupa tanda pendaftaran Perlindungan Varietas Tanaman (PVT). Uji preferensi konsumen terhadap produk beras kaya protein super pulen ini telah membuktikan penerimaan dan apresiasi pasar yang positif, salah satu indikatornya dapat diterima pasar dengan harga setara beras-beras specialty seperti beras Jepang dan Basmati. Nilai ekonomisnya akan semakin tinggi jika diproduksi secara organik. Inovasi padi kaya protein super pulen ini sangat prospektif bagi industri pangan fungsional.

Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed

 

Keunggulan Teknologi Padi Tinggi Protein Super Pulen

  • Nilai gizi dan fungsi kesehatan tinggi – Kandungan protein yang tinggi melebihi padi pada umumnya, memberikan nilai tambah pada aspek kualitas gizi produk yang dihasilkan. Prospektif untuk diet karbohidrat dan memenuhi kebutuhan protein vegetarian yang menghindari konsumsi pangan hewani.
  • Aman dari aspek perakitannya – Kandungan potein tinggi diperoleh dengan teknologi biofortifikasi, murni melalui perbaikan genetik tanpa penyisipan gen asing, dan tanpa penambahan zat aditif apapun, sehingga tidak mengakibatkan kontra-indikasi.
  • Kualitas fisik beras dan nasi istimewa – Karakter beras yang khas yaitu bentuk bulat dan warna putih susu, serta mutu tanak yang super pulen, mengkilat dan enak setara beras Jepang, menjadikan prospeknya untuk diterima pasar sebagai beras special dengan nilai ekonomis tinggi sangat besar.
  • Daya hasil tinggi dan dapat diproduksi sepanjang tahun – Daya hasil galur padi protein tinggi ini setara dengan Ciherang, sehingga produksi dan pengembangannya di masyarakat jika telah dilepas sebagai varietas unggul baru akan sangat menguntungkan. Apalagi jika diproduksi secara organik, nilai jual produk yang dihasilkan akan meningkat sebanding dengan peningkatan kualitasnya ditinjau dari sisi kesehatan.
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed

 

Potensi Aplikasi Padi Protein Tinggi Super Pulen

  • Aspek Industri Pangan – Inovasi padi kaya protein super pulen ini sangat prospektif bagi industri pangan fungsional, baik untuk pangsa pasar dalam negeri maupun luar negeri. Potensi aplikasinya sangat besar karena karakter berasnya yang khas, menyerupai beras yang sebelumnya telah dikenal pasar memiliki kualitas super, sehingga akan mudah diterima pasar dengan nilai ekonomis yang tinggi. Karakter nasinya yang super pulen, mengkilat dan enak setara Koshihikari, menjadikan prospeknya sangat cerah untuk diterima pasar sebagai beras special dan sangat potensial sebagai komoditas ekspor.
  • Aspek Gizi dan Kesehatan – Potensi padi protein tinggi ini sangat besar. Pencegahan dan terapi diet bagi penderita obesitas dapat diupayakan dengan konsumsi padi protein tinggi ini. Protein yang terkandung dalam padi protein tinggi ini menjadi alternatif yang tepat bagi vegan yang menghindari makanan hewani yang seringkali membawa lemak. Vegetarian dan penderita diabetes tetap dapat mengonsumsi nasi istimewa ini tanpa khawatir mengalami gangguan kesehatan dan tanpa terganggu rasa nasi yang kasar dan pera yang biasa dirasakan jika mengonsumsi beras merah atau hitam.
  • Peningkatan Produksi Padi – Padi protein tinggi super pulen ini sangat potensial ditanam karena memiliki daya hasil tinggi dan dapat diproduksi sepanjang tahun. Daya hasil galur padi protein tinggi ini setara dengan Ciherang, sehingga akan sangat prospektif dikembangkan di berbagai wilayah Indonesia. Padi ini akan lebih mantap jika dibudidayakan secara organik, karena akan meningkatkan nilai ekonomis beras yang dihasilkan.
  • Peningkatan Gizi Masyarakat – Padi protein tinggi ini dapat menjadi solusi bagi pemenuhan protein di daerah-daerah yang rawan gizi yang menyebabkan penduduk mengalami kwashiorkor dan gangguan kesehatan lainnya. Kebutuhan protein bagi penduduk dengan padi sebagai bahan pangan pokoknya, 40%-nya terpenuhi dari konsumsi nasi. Dengan demikian, pemanfaatan padi protein tinggi akan sangat efektif dan efisien mendukung  pemenuhan kebutuhan protein di daerah-daerah rawan kekurangan gizi.
  • Pendapatan Petani – Padi protein tinggi akan menghasilkan beras premium dengan kualitas khusus sehingga terhindar dari peraturan HET beras dari pemerintah. Petani dan pengusaha bisa memperoleh harga beras diatas HET sesuai dengan kualitas beras premium yang dihasilkan. Kombinasi produktifitas per hektar yang tinggi dan harga beras per kg diatas HET adalah potensi peningkatan pendapatan petani. Peningkatan pendapatan akan secara signifikan meningkatkan kesejahteraan petani
  • Penghematan Devisa – Pemerintah selalu melakukan impor beras premium dengan kualitas khusus. Kualitas beras yang dihasilkan padi protein tinggi super pulen setara dengan beras premium kalitas khusus sehingga pemerintah bisa menekan impor beras. Pengurangan impor beras akan sangat menghemat devisa sehingga devisa bisa dialihkan untuk pembanguan kesejahteraan masyarakat.
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
Padi Kaya Protein Super Pulen Dari Faperta Unsoed
———————————————–
Disusun Oleh: Ir. Ida Ahmad Rifai, Blogger dan Internet Marketer
Sumber: Dyah Susanti S.P, M.P, Sekretaris Pusat Penelitian Padi dan Kedelai LPPM Unsoed

 

Related:
Padi Kaya Protein Super Pulen, Padi Kaya Protein, Padi Tinggi Protein, Padi Pritein Tinggi, Padi Super Pulen, Galur Padi, Galur Padi Protein Tinggi, Padi Hasil Rakitan Para Peneliti Tanaman Pangan, Padi dari Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto, Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto, Unsoed Purwokerto,  Beras Premium, Beras Jepang, Impor Beras, Hemat Devisa

Bagikan :

3 thoughts on “Padi Kaya Protein Super Pulen – Padi Millenial Hasil Rakitan Para Peneliti Tanaman Pangan Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto

  1. terobosan baru, padi dengan kandungan protein tinggi hasil temuan ilmuwa faperta unsoed perlu lebih dikenalkan ke masyarakat agar lebih diketahui.
    semoga kedepan lebih banyak yang mengenal dan mengkonsumsi beras protein tinggi ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *