PENGUASAAN DIGITAL, KUNCI SUKSES USAHA PERTANIAN DI ERA MILLENIAL

Komoditas

Teknik budidaya dan pemasaran adalah 2 hal yang sangat menentukan keberhasilan dalam usaha pertanian. Akan tetapi dua hal itu pula yang saat ini menjadi persoalan pertanian yang serius di Indonesia.

Latar belakang Sumber Daya Manusia petani yang rata rata kurang dalam hal pendidikan serta geografis petani yang kebanyakan tinggal di desa, menyebabkan banyaknya petani yang kurang bisa mengikuti perkembangan tehnologi budidaya pertanian. Sehingga berakibat kurang maksimalnya dalam pengelolaan dan gagalnya budidaya pertanian.

Akan tetapi di era keterbukaan informasi seperti saat ini, latar belakang dan geofrafis SDM petani mestinya tidak lagi menjadi kendala bagi para petani untuk mengikuti perkembangan tehnologi budidaya pertanian. Karena berbagai informasi tentang perkembangan tehnologi pertanian dan info info lain telah digelar di berbagai media digital termasuk di web tanikita.com. Dengan melalui web seluruh informasi tehnologi bisa diakses oleh para petani dimanapun berada dan apapun latar belakangnya. Oleh karena itu penguasaan tehnologi digital bagi petani saat ini adalah merupakan suatu keharusan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Di web www.tanikita.com petani dapat mengakses berbagai informasi yang diperlukan yang berkaitan dengan tehnologi dan tehnik budidaya. Di situs tersebut petani juga dapat berkonsultasi tentang berbagai persoalan yang dijumpai di lapangan. Baik itu tentang pengelolaan tanah, penanggulangan hama penyakit maupun penanganan pasca panen.  Pertanyaan pertanyaan yang muncul akan dijawab oleh para alumni dari Fakultas Pertanian Universitas Jendral Soedirman Purwokerto yang telah ahli dan berpengalaman. Dan bagi petani yang membutuhkan Saprotan (Sarana Produksi Pertanian) maka tanikitapun juga bisa menyediakan. Klik Dongkrak Produktivitas Padi di Indonesia dengan Budidaya Sistim Jarwo dan Jarwo Super mengetahui teknologi budidaya padi terkini.

Disamping tehnik budidaya, persoalan lain yang sering dijumapai oleh para petani adalah pemasaran. Pemasaran adalah permasalahan paling krusial yang sering di hadapi para petani di Indonesia. Sehingga terkadang kita melihat hasil panen yang dibuang begitu saja karena petani tak mampu mengatasi persoalan pasar. Seperti tomat yang  dibuang di selolakan, jambu yang dibuang di pinggir jalan juga cabe yang dibiarkan terbengkelai begitu saja di sawah. Salah satu penyebab persoalan tersebut adalah karena keterbatasan petani dalam menerima informasi tentang pasar.

Di era yang serba digital, untuk mendapatkan informasi pasar sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Karena seluruh informasi yang dibutuhkan telah tersedia di media komunikasi digital yang senantiasa tergenggam di tangan.

Di beberapa web telah banyak tersedia link yang berisi informasi tentang harga berbagai komoditas pertanian, misalnya Link hargapangan.id sebagai PIHPS Pusat Informasi Harga Pangan Strategis yang dirilis oleh Bank Indonesia.

Dengan menguasai informasi pasar maka petani tidak akan lagi bisa dikelabuhi dalam masalah harga. Sehingga diharapkan petani akan mendapatkan harga yang lebih baik.

Selain harga, faktor lain yang menentukan keberhasilan pemasaran adalah penguasaan jaringan. Dengan pengusaan jaringan maka petani akan dapat memperluas wilayah pemasaran.

Metode penguasaan jaringan saat ini tidak lagi seperti dulu yang harus memperkenalkan barang dagangan dari pasar ke pasar atau dari rumah ke rumah. Di era millenial penguasaan jaringan cukup dengan menggerakkan tangan dan rajin bersilaturahmi di media digital. Sehingga siapa yang rajin bersilaturahmi maka merekalah yang akan mendulang rejeki.

Berikut ini contoh pengalaman petani yang telah sukses membangun jaringan pemasaran dengan berbasis digital. Namamya Heri Sugihartono, beliau adalah seorang petani padi dari kabupaten demak. Luas bidang garapnya puluhan hektar yang dijalankan dengan pola kemitraan dengan para petani di Jawa Tengah. Selain sebagai petani beliau juga mengelola pabrik beras dengan merk “Mlatiharjo”. Media digital menjadi media yang dipilih oleh mas Heri untuk membangun pasar, baik melalui media sosial maupun pasar On line yang dibuatnya.

PENGUASAAN DIGITAL

Kunci Sukses Usaha Pertanian – Penanganan Pasca Panen

PENGUASAAN DIGITAL

Kunci Sukses Usaha Pertanian – Komunikasi dan Pemasaran

Dengan melalui media digital mas heri membangun jaringan reseller di kota kota besar untuk memasarkan berasnya. Sehingga berkat media digital, kini beras “Mlatiharjo” telah banyak terpajang di berbagai pasar modern di kota kota besar. Dan banyak juga yang dipesan secara On Line.  KOPDAM (Komunitas Profesional Delima Agro Manunggal)adalah salah satu reseller yang juga ikut memasarkan. Hanya dengan berbekal WhatsApp, KOPDAM mampu ikut memasarkan berton ton beras Mlatiharjo setiap tahunnya, tanpa harus bertemu dengan penjual maupun pembelinya. Semua kegiatan operasionl dilakukan secara jauh, cukup hanya dengan memainkan jari tangan di atas media digital.

Lebih Dekat Dengan Beras Premium Mlathiharjo

Beras Premium Mlathiharjo adalah beras sehat alami, kaya nutrisi, bebas pemutih dan pewangi. Beras Mlatiharjo diproduksi oleh petani Demak yang didampingi oleh para ahli berpengalaman. Ditanam dari benih padi varietas pilihan dan diolah secara hygeinis sesuai standart kesehatan. Telah terdaftar di Departemen Pertanian dengan no reg : 33.21-1-01-0300006-10/2014 dan telah diuji secara lab dengan no sertifikat : 00906101 LPPT/IX/2013. Klik Beras Sehat Itu Berasal dari Mlatiharjo untuk mengetahui informasi lebih detai tentang Beras Mlatiharjo

Harga Beras Mlatiharjo di tingkat konsumen:

  • Beras sultan 17.500 (minimal 24kg)
  • Beras mlati 20.000 (minimal 12kg)
  • Beras merah 19.000 (minimal 12kg)
  • Beras coklat 20.000 (minimal 12kg)
  • Beras hitam 30.000 (minimal 6 kg)

Harga Beras Mlatiharjo di tingkat reseller akan mendapat potongan harga (discount) sesuai syarat dan ketentuan berlaku:

  • Pembelian Kurang dari 49 kg: discount 5%
  • Pembelian 50 kg s/d 99 kg: discount 8%
  • Pembelian Lebih dari 99kg: discount 12%

PENGUASAAN DIGITAL

Beras Premium Mlatiharjo – Beras Hitam, Beras Putih dan Beras Merah

 

Catatan:
* Free ongkir untuk pulau jawa
** Pembelian kurang dari minimal dikenakan ongkos kirim
*** tambahan biaya pemgiriman 1.000/kg untuk wilayah yang belum ada agen Dakota

Hubungi Segera Reseller: KOPDAM dengan Kontak Person: 081325147047 atau email infotanikita@gmail.com untuk mendapatkan Beras Premium Matiharjo dengan Harga khusus dan Discount

 

Disusun Oleh :
Baroroh Barit – Alumnus Faperta 85, UNSOED
Wirausahawan dan Motivator
Foto – Foto : Barit, Rifai
**********

 

Related:
Penguasaan Digital, Kunci Sukses Usaha Pertanian, Pertanian di Era Millenial, Budidaya Pertanian di Era Digital, Beras Premium Mlatiharjo, Beras Hitam Mlatiharjo, Beras Merah Mlatiharjo, Beras Putih Mlatiharjo, Reseller Beras Mlatiharjo, Beli Beras Mlatiharjo, Keterbukaan Informasi, Informasi Harga Pertanian

Bagikan :

2 thoughts on “PENGUASAAN DIGITAL, KUNCI SUKSES USAHA PERTANIAN DI ERA MILLENIAL

  1. Untuk beras umum sebaiknya menempuh tahapan sebagaimana diatur dalam Permendag 57/2017 tentang HET dan Permentan 31/2017 tentang Kelas Mutu Beras, nuwun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *