TABELA CERDAS – Alat Praktis Untuk Tanam Benih Langsung (TABELA) Padi

Teknologi Tepat Guna

TABELA CERDAS adalah Alat Praktis Untuk Tanam Benih Langsung (TABELA) Padi yang ditemukan oleh Bapak Sam Wahyono S.PKP Yang Sangat Mudah Digunakan, Praktis dan Sangat Menghemat Tenaga Tenaga Kerja dan Biaya

TABELA CERDAS adalah Alat Praktis Untuk Tanam Benih Langsung (TABELA) Padi yang ditemukan oleh Bapak Sam Wahyono S.PKP Yang Sangat Mudah Digunakan, Praktis, Sangat Menghemat Tenaga Tenaga Kerja dan Biaya dalam budidaya padi. Tabela adalah salah satu sistim budidaya padi dengan cara tanam benih langsung di lahan. Cara ini tidak memerlukan adanya proses pembibitan lebih dahulu. Penggunaan tabela bias membantu petani menghemat penggunaan benih per hektar dan sangat menghemat penggunaan tenaga kerja.

TABELA CERDAS adalah salah satu generasi terbaru alat Tabela yang sudah ada di pasaran. Alat ini sudah disempurnakan sehingga TABELA CERDAS merupakan alat tanam benih langsung yang mempunyai banyak kelebihan di bandingkan dengan alat tabela yang telah ada. Alat ini sangat sederana dan mudah digunakan sehingga petani dapat melakukan efisiensi penggunaan tenaga kerja dan menekan biaya produksi. Alat ini sangat membantu para petani terutama untuk mengatasi semakin terbatas dan sulitnya tenaga kerja di bidang pertanian. TABELA CERDAS ini akan bekerja secara efektif dan efisien, Jumlah keluaran benih per lubang bisa seragam dengan jarak tanam yang sama sehingga produksi dan kualitas padi akan meningkat. Alat Tabela Cerdas ini juga bisa dimodifikasi untuk digunakan dalam budidaya padi sistim Jarwo Super.

Alat Tabela Cerdas
Alat Tabela Cerdas

Spesifikasi Alat TABELA CERDAS

  • Nama alat                  : TABELA CERDAS
  • Fungs                         : Untuk tanam Benih padi
  • Berat alat                    : 10 kg
  • Panjang alat                : 190 cm
  • Lebar alat                    : 120 cm
  • Kotak tempat              : 5 buah benih
  • Bahan                          : Kayu, Kawat  baja, Laker roda, Karet Busa, Baut Paku
  • Kapasitas tempat         : 5 kg Benih

Proses dan Cara Kerja Alat TABELA CERDAS

  1. Botol di isi benih padi penuh, kemudian diletakan di lubang kotak pengatur benih.
  2. Di lokasi sawah yang akan di tanami pegangan TABELA CERDAS di tarik.
  3. Roda akan jalan/berputar sehingga knock yang ada di samping roda akan mendorong as pengatur benih sampai pada titik mati atas. Benih akan keluar lewat lubang yang ada di kotak bagian bawah.
  4. Kayu penggaris yang letaknya di depan kotak pengatur benih akan membelah tanah sawah sehingga benih akan jatuh tepat di belahan tanah tadi. Tanah sawah yang terbelah tadi akan menutup dengan sendirinya karena tanah masih basah.
  5. As pengatur benih, setelah pada titik mati atas akan di tarik oleh karet yang di pasang pada as pengatur benih dan lubang kotak pengatur benih akan tertutup.
  6. Dan proses berulang.

Keuntungan Penggunaan Alat TABELA CERDAS

Penggunaan alat TABELA CERDAS sangat membantu dan memudahkan petani dalam proses tanam padi. Beberapa keuntungan yang diperoleh petani adalah:

  • Penghematan Biaya per Ha – Biaya tanam padi dengan menggunakan tenaga kerja (konvensional) adalah Rp 900.000 per ha. Penggunaan alat TABELA CERDAS hanya memerlukan biaya Rp 100.000, – per ha.
  • Penghematan Jumlah Tenaga Kerja – Proses menanam padi dengan menggunakan alat Tabela Cerdas hanya memerlukan 1 orang tenaga kerja sementara secara konvensional diperlukan sekitar 20 orang tenaga kerja
  • Penghematan Waktu Tanam – Penggunaan alat TABELA CERDAS akan sangat menghemat waktu yaitu Cuma memerlukan waktu 2 jam per hektarnya dengan operator 1 Tenaga Kerja. Bandingkan jika tanam padi dilakukan secara konvensional yang memerlukan 10 orang tenaga kerja selama 2 hari.
  • Jumlah Benih Perlubang Yang Seragam – Penggunaan TABELA CERDAS akan menghasilkan jumlah benih yang sama per lubangnya sehingga akan menghemat biaya pembelian benih padi.
  • Jarak Tanam Yang Lebih Seragam Dan Rapi – Keseragaman dan kerapian jarak tanam akan memudahkan dan menghemat biaya pemeliharaan. Proses pemeliharaan lebih mudah, lebih cepat dan hasil padi lebih banyak dengan kualitas lebih bagus.

Keunggulan Tabela Cerdas Dibandingkan dengan Alat Tabela Lain

  1. Alat ini lebih ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana
  2. Pengoperasian alat lebih mudah dan lebih ringan karena roda–rodanya sudah dilengkapi dengan kolaker.
  3. Alat tetap berfungsi dengan baik dan normal walaupun alat dalam posisi miring
  4. Benih yang keluar relatif sama dan teratur (1 – 2 butir per lubang) walaupun alat ditarik dengan kecepatan yang berbeda (cepat atau lambat)
  5. Benih di tempatkan pada botol transparan yang dimasukkan pada kotak pembagi benih sehingga benih apabila habis akan kelihatan.

Informasi Penemu TABELA CERDAS

  • Nama: Sam Wahyono S.PKP
  • Pekerjaan: PNS
  • Pendidikan: Sarjana
  • Kontak Person: 08562567789
  • Hasil karya lainnya: Alat pengatur pakan Ikan/udan dan Bom Tikus

Prospek Pengembangan

Alat “TABELA CERDAS” mempunyai Prospek Pengembangan yang sangat baik karena alat ini sangat sederhana, mudah diperbanyak dan mudah digunakan. Tabela Cerdas akan sangat bermanfaat bagi petani karena tenaga kerja untuk pertanian semakin lama semakin sulit dan semakin mahal. Alat ini juga sangat menghemat biaya tenaga kerja dan benih. Namun begitu penyempurnaan alat tabela cerdas perlu terus dikembangkan sesuai kontur daerah dan jenis-jenis tanah di daerah tertentu.

Bagikan :

1 thought on “TABELA CERDAS – Alat Praktis Untuk Tanam Benih Langsung (TABELA) Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *