Tentang Tanikita.com

PERJALANAN “Tanikita” DARI REUNI BERUJUNG DI MEDIA

PERJALANAN "Tanikita" DARI REUNI BERUJUNG DI MEDIAReuni, kata yang tidak asing lagi bagi orang Indonesia, dari yang muda hingga  tua, dari yang alumni SD hingga Perguruan tinggi semuanya ada. Reuni menjadi ajang saling melepas rindu dan mempererat tali persaudaraan.
Jika pada umumnya reuni  hanya sebatas kangen kangenan dan makan makan, namun tidak demikian bagi alumni Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman angkatan 85 yang tergabung dalam ikatan alumni “DELIMA FAPERTA”. Bagi Delima Faperta, reuni disamping untuk mempererat tali silaturahmi juga sebagai ajang untuk saling menjalin synergi guna membangun karya. Salah satu karya yang telah dilahirkan  adalah terbentuknya usaha bersama dalam “Komunitas Profesional Delima Agro Manunggal”, biasa disebut dengan nama KOPDAM.  Seiring dengan berkembangnya usaha, Kopdam diharapkan akan mempunyai badan hukum  yang berbentuk koperasi.
Tujuan didirikannya KOPDAM  disamping untuk mempererat tali persaudaraan antar alumni dan pengembangan usaha pertanian, juga untuk pengabdian sosial, yaitu turut serta dalam memajukan dunia pertanian.
PERJALANAN "Tanikita" DARI REUNI BERUJUNG DI MEDIA
Delima saat Panen Raya Padi Inpago di Kabupaten Sragen
KOPDAM lahir di Pemalang pada  8 Agustus 2015. Selama 2 tahun ini banyak hal yang telah dilakukan KOPDAM dalam mengembangkan usaha pertanian diantaranya :
1. Budidaya bunga Krisan bermitra dengan salah satu petani bunga Krisan di Wonosobo.
2. Budidaya padi sultan bermitra dengan petani di Pemalang.
3. Budidaya padi beras merah  bermitra dengan petani di Klaten
4. Budidaya padi Inpago UNSOED 1  bermitra dengan MPM (Majelis Pemberdayaan Masyarakat) di Sragen.
5. Budidaya Cabe di lahan ExFarm Faperta UNSOED di Purwokerto
6. Budidaya jagung di lahan ExFarm Faperta UNSOED di Purwokerto
7. Budidaya kacang panjang di lahan ExFarm Faperta UNSOED di Purwokerto
8. Penyediaan benih Kedelai bersertifikat bermitra dengan petani dan penangkar benih di Wonogiri
9. Pembiayaan pembelian hasil panen padi bermitra dengan CV Citra kirana di Demak
10. Penjualan beras sehat mlatiharjo yang di produksi oleh pabrik beras di Mlatiharjo Demak.
Setelah 2 tahun berjalan dengan berbagai kegiatan usaha pertanian, seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan jaman maka KOPDAM di era millenial merasa perlu mengembangkan sayap di dunia digital. Dengan merambah dunia digital maka diharapkan keberadaan KOPDAM bisa diakses secara nasional, sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.
 www.tanikita.com adalah situs web  KOPDAM sebagai sarana untuk berimprovisasi di dunia digital. www.tanikita.com merupakan portal  berbagi ilmu, pengalaman dan konsultasi- bisnis pertanian.  Berbagai hal  menyangkut dunia pertanian diasuh oleh para pakar dan ahlinya.  www.tanikita.com menyediakan informasi bisnis mulai penyediaan kebutuhan sarana pertanian hingga penjualan produk2 pertanian.
PERJALANAN "Tanikita" DARI REUNI BERUJUNG DI MEDIA
Jagung di Exfarm – Pembelajaran untu adik-adik mahasiswa Pertanian UNSOED 2017
PERJALANAN "Tanikita" DARI REUNI BERUJUNG DI MEDIA
Delima bersama para Profesor dan Ahli Tanaman Padi dari UNSOED
Dengan adanya  tanikita.com diharapkan akan meningkatkan wawasan dan  membantu masyarakat dalam memecahkan berbagai persoalan dunia pertanian.
Oleh : Baroroh Barit
Bagikan :